Setelah kegiatan pembelajaran ini siswa
diharapkan dapat:
- Mengenal sumber energy panas dan bunyi yang terdapat di lingkungan sekitar beserta sifat-sifatnya
- Menjelaskan berbagai energi alternatif dan cara penggunaannya.
- Membuat suatu model untuk menunjukkan konsep perubahan energi gerak.
- Menjelaskan konsep perubahan energi bunyi melalui penggunaan alat musik.
Terompet yang
kita
tiup dapat berbunyi. Kincir angin
dapat berputar. Pakaian
yang kita jemur dapat kering.
Semuanya itu dikarenakan adanya energi.
Ada banyak energy di sekitar
kita, diantaranya energi
panas dan bunyi.
Gambar8.2. Energi bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari
A. Energi Panas dan Sifatnya
1. Sumber
Energi Panas
Matahari
merupakan sumber energi panas terbesar. Energi panas tersebut berasal
dari sinar
matahari. Oleh karena itu, kita
dapat merasakan panasnya sinar
matahari. Tanpa
matahari, tidak
mungkin akan ada kehidupan. Energi panas juga dapat
terjadi karena adanya gesekan benda-benda.
Pada saat cuaca dingin orang-orang
menggesekkan kedua tangannya.
Kegiatan8.1 ENERGIPANASAKIBATGESEKAN
Tujuan:
Siswamemahamipengaruhgesekanduabendaterhadapenergipanas.
Alat dan bahan:
Duabuahpenggarismika
Langkah-langkah:
1.
Permukaan kedua penggaris
mika digesekkan satu dengan yang
lain.
2.
Penggaris tersebut ditempelkan
ketubuhmu.
3.
Apa yang kamu
rasakan?
4.
Kedua penggaris digesekkan kembali dengan waktu
yang lebih lama.
5.
Penggaris tersebut ditempelkan
ketubuhmu.
6.
Apakah yang kamu
rasakan? Simpulan hasil kegiatan tersebut
dituliskan dibuku tugasmu.
2. PanasDapatBerpindahkeTempatyangLebihDingin
Tanganyang
memegang es menjadi dingin. Bahkan,
tangan dapat menjadi kaku karena
kedinginan, karena panas dari
tubuh kita berpindah kees.
Es mendapatkan
panas dari tubuh kita. Sehingga
lama-kelamaan akan mencair. Jika berada di dekat tungku api,
lama-kelamaan tubuh akan menjadi panas. Perpindahan panas dapat terjadi karena adanya
perbedaan suhu. Peristiwa perpindahan panas dapat dibedakan menjadi tiga. Ada konduksi, konveksi, dan radiasi.
a. Konduksi
Konduksi
adalah perpindahan panas melalui benda padat tanpa aliran zat.
Logam adalah penghantar panas yang
baik. Contohnya besi, baja,
atau aluminium. Benda - benda ini
disebut konduktor. Konduktor adalah penghantar
panas yang baik. Panas dari
ujung sendok akan merambat keseluruh bagian.
Hal ini terjadi tanpa melalui aliran zat.
Pegangan panic atau penggorengan biasanya terbuat dari kayu agar pegangan panci
tidak menjadi panas. Kayu merupakan benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Benda yang tidak
menghantarkan panas disebut
isolator.
b. Konveksi
Konveksi
adalah perpindahan panas dengan disertai aliran zat. Misalnya, saat kamu
memasak air dipanci menggunakan
kompor. Suhu air dalam
panic yang dipanaskan akan bertambah panas.
Akibatnya airpun menjadi panas. Perpindahan panas dari panic menuju
air disertai aliran zat.
c.
Radiasi
Radiasi
adalah perpindahan panas tanpa melalui zat perantara. Misalnya, panas
matahari dan panas dari tungku pembakaran yang merambat ketubuh kita. Panas sinar
matahari merambat tanpa melalui zat perantara. Panas tungku api dapat
menghangatkan tubuh kita. Panas tersebut
merambat tanpa melalui zat perantara.
Perlu Diingat!
•
Benda-benda
yang menghantarkan panas dengan baik disebut
konduktor.
•
Benda-benda
yang tidak dapat menghantarkan panas disebut isolator.
•
Semua benda
yang menghasilkan panas disebut sumber energy panas.
•
Benda panas dapat menjadi dingin
atau sebaliknya karena adanya perpindahan panas.
B. Energi Bunyi dan
Sifatnya
1. Sumber-Sumber
Bunyi
Semua benda yang dapat menimbulkan bunyi disebut
sumber bunyi. Alat music seperti seruling
dan gitar dapat menimbulkan bunyi. Oleh
karena itu disebut sumber bunyi.
Cobalah pegang tenggorokanmu saat
kamu berbicara atau menyanyi. Apa yang kamu rasakan pada tenggorokaanmu? Kamu akan merasakan
tenggorokanmu bergetar. Berapa kali
getaran yang
kamurasakan?
Banyak getaran yang terjadi dalam satu detik
disebut dengan frekuensi. Satuan untuk frekuensi adalah hertz(Hz).
Sumber bunyi ada
yang menghasilkan bunyi bernada. Bunyi bernada adalah bunyi yang frekuensinya
teratur. Bunyi tidak bernada
disebut desah. Desah adalah bunyi yang frekuensinya
tidak teratur. Frekuensi yang dapat
didengar manusia berkisar 20–20.000 Hz.
Bunyi yang memiliki frekuensi
20–2.000Hz disebut dengan audiosonik. Bunyiyang memiliki frekuensi kurang dari 20 Hz
disebut infrasonik. Bunyi yang memiliki
frekuensi lebih dari 20.000 Hz
disebut dengan ultrasonik. Manusia
tidak dapat mendengar bunyi infrasonic
dan ultrasonik. Hanya hewan tertentu
yang dapat mendengar bunyi tersebut.
Contoh hewan yang dapat mendengar
bunyi infrasonic adalah jangkrik. Kelelawar
merupakan hewan yang dapat mendengar
bunyi ultrasonik.
a.
Bunyibernada
Bunyi bernada dihasilkan
oleh beberapa alat musik.
Ada alat musik petik, tiup, gesek,
dan papan tuts.
1) Alat music petik
Alat music petik dibunyikan dengan cara dipetik.
Biasanya menggunakan senar (dawai). Dengan memetik
senar,
alat musik tersebut akan menghasilkan
bunyi. Coba kamu sebutkan contoh
alat
music petik lainnya.
2) Alat music tiup
Seruling yang kita tiup dapat berbunyi. Udara dalam seruling
bergetar saat ditiup. Pada seruling
terdapat beberapa lubang.
Lubang-lubang tersebut berfungsi untuk mengatur
panjang getaran udara. Dengan menutup
lubang, kitaapat menimbulkan nada yang bervariasi.
3) Alat music papan tuts
Piano merupakan salah
satu contoh alat music papan
tuts. Caranya dengan menekan tuts pada alat musik tersebut. Oleh karena itu,
piano dapat menghasilkan bunyi. Tekanan pada
tuts
membuat dawai pada masing-masing tuts bergetar.
Adakah alat music tuts lainnya selain
piano? teratur. Contohnya gendang, gong, tamborin, dan rebana. Alat music ini
digunakan dengan cara dipukul.
b.
|
Bunyi tak bernada
|
2. Perambatan Bunyi
pada Benda Padat, Cair dan
Gas
a. Bunyi merambat melalui benda padat
Kecepatan rambat bunyi
berbeda pada benda padat, cair, dan
gas. Bunyi merambat lebih cepat pada
benda padat.
Kegiatan 8.2 BUNYI MERAMBAT PADA BENDA
PADAT
Tujuan:
Siswa memahami bahwa bunyi merambat
melalui benda padat.
Alat dan bahan:
1.
Meja
2.
Uang logam
Langkah-langkah:
1.
Salah satu telinga
ditempelkan diatas meja.
2.
Uang logam diketukkan di atas meja.
3.
Angkat kepalamu, kembali ke posisi semula.
4.
Uang logam diketukkan
di atas
meja. Sama seperti tekanan pada
ketukan semula.
5.
Hasil pengamatan
dicatat di buku tugas. Apakah suara ketukan uang logam di atas meja
dapat terdengar?
6.
Kesimpulan dituliskan di buku
tugasmu.
b. Bunyi merambat melalui benda cair
Bunyi juga merambat melalui benda cair. Untuk membuktikannya, lakukan kegiatan
berikut ini.
Kegiatan 8.3 BUNYI MERAMBAT
PADA
BENDA CAIR
Tujuan:
Siswa memahami bahwa bunyi merambat
melalui benda cair melalui percobaan.
Alat dalam bahan:
1.
Dua buah batu
2.
Air dalam bak
Langkah - langkah:
1.
Kedua batu dibenturkan di dalam air. Hal yang terjadi diamati.
2.
Salah satu telingamu
ditempelkan diatas permukaan air bak. Mintalah salah
satu temanmu untuk mengetukkan kedua batu dalam air. Hal
yang terjadi diamati.
3.
Hasil pengamatanmu dicatat dibuku tugas. Dapatkah
kamu mendengar bunyi benturan kedua batu
dalam air?
4.
Simpulan dari kegiatan yang
kamu lakukan dituliskan di buku
tugas.
Kecepatan rambat bunyi melalui benda
cair lebih besar dibandingkan benda gas. Saat telinga ditempelkan
diatas
permukaan air, bunyi tersebut
terdengar lebih keras.
c. Bunyi merambat melalui benda gas
Jika kita berada
di luarangkasa, kita
tidak dapat berbincang-bincang. Hal
ini karena di luar angkasa tidak ada udara. Bunyi petir yang kita dengar merambat
melalui udara. Tanpa
udara, kita tidak akan
mendengar suara. Kicauan burung dan ayam
berkokok dapat didengar karena ada udara.
Sumber bunyi yang jauhpun
dapat terdengar. Semakin
jauh sumber bunyi, semakin lemah
bunyi itu terdengar. Semakin
dekat sumber bunyi, semakin kuat
bunyi terdengar. Gejala ini
disebut efek Doppler.
a.
Pemantulan bunyi
1) Gema
Gema adalah pantulan
bunyi yang terdengar lengkap sesudah
bunyi asli. Ketika
berteriak di gua, suara merambat melalui udara ke dinding gua. Selanjutnya, bunyi dipantulkan kedinding
gua yang
lain. Gema biasanya terjadi di tempat-tempat
dengan permukaan keras dan rapat.
2) Gaung
Gaung adalah pantulan bunyi yang terdengar sebelum bunyi asli selesai
diucapkan. Hal ini karena jarak sumber bunyi dan dinding
pemantul jauh. Terjadinya gaung menyebabkan
suara asli tidak terdengar jelas.
Perlu Diingat!
• Bunyi pantul
yang terdengar lengkap sesudah bunyi asli disebut gema.
• Bunyi pantul
yang hanya sebagian tiba bersama
dengan
bunyi asli sehingga bunyi asli menjadi tidak jelas disebut gaung.
3) Bunyi pantul yang memperkeras bunyi asli
Dalam
ruang kosong tertutup yang sempit yang memiliki permukaan
dinding yang keras dan rapat.
Bunyi pantul yang terdengar akan
meperkeras suara aslinya. Hal ini
karena jarak yang terlalu dekat
antara sumber bunyi dan dinding
pemantul.
b.
Penyerapan bunyi
Penyerapan bunyi terjadi jika perambatan
dihalangi benda yang permukaannya lunak.Contohnya
busa, karet, karung goni, atau
serbuk gergaji. Benda-benda yang menyerap
bunyi biasa disebut peredam bunyi.
Dinding gedung bioskop dilapisi peredam bunyi supaya tidak terjadi gaung.
C. Energi
Alternatif dan Penggunaannya
Ada beberapa energi alternatif yaitu:
1. Matahari
Matahari adalah sumber energy panas terbesar di dunia.
Energi ini dapat digunakan untuk
berbagai kebutuhan manusia. Bumi menjadi
terang karena adanya cahaya matahari.
Oleh karena itu, siang hari kita tidak menyalakan lampu. Cahaya matahari digunakan
tumbuhan hijau untuk berfotosintesis. Tanpa matahari,
tumbuhan tidak dapat berfotosintesis.
Energi matahari juga dapat diubah menjadi energi listrik. Oleh karena itu, matahari
digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
2. Air Terjun
Air terjun sering disebut dengan batu bara putih. Hal ini karena
air terjun
juga dapat menghasilkan energi. Air
terjun mengalir dari tempat yang
tinggi. Aliran air terjun dapat ditampung
menjadi energi gerak (kinetik). Oleh karena itu, air
terjun digunakan sebagai pembangkit listrik.
Hal ini
disebut pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Air terjun juga digunakan untuk
pengairan sawah dan tempat wisata.
3. Angin
Angin adalah udara
yang bergerak. Angin dapat digunakan
sebagai sumber energi alternatif. Dua
tempat dengan tekanan udara berbeda dapat
menghasilkan angin. Angin mengalir dari
tempat bertekanan
tinggi menuju tekanan rendah.
Perhatikan gerakan daun pada pohon. Gerakan daun pada pohon sering berubah-ubah.
Hal ini
menunjukkan bahwa arah angin juga
berubah-ubah. Angin dapat
diubah menjadi energy listrik. Angin
menggerakkan turbin sehingga menghasilkan energy listrik. Angin juga dapat mengeringkan
pakaian, meskipun tanpa matahari.
Dengan angin, perahu
layar dapat bergerak. Oleh karena
itu, perahu dapat mengarungi lautan meskipun tanpa mesin.
Energi alternative angin tidak menimbulkan
polusi. Energi angin dapat
menghasilkan listrik dengan alat aerogenerator. Aerogenerator berbentuk seperti menara
yang di puncaknya dipasang kincir
angin. Perputaran kincir angin akan
menyebabkan generator menghasilkan
listrik. Angin dibedakan menjadi tiga
macam. Ada angin laut, angin
darat, dan angin musim.
Aerogenerator adalah
alat untuk mengubah angin menjadi
energy listrik.
a. Angin laut
Angin laut
bergerak dari laut menuju ke darat. Udara di darat akan lebih cepat
panas daripada udara di laut.
Oleh karena itu, tekanan udara
didaratakan menurun. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya angin laut. Angin
laut terjadi pada siang hari. Angin laut
dimanfaatkan para nelayan untuk menggerakkan
perahu layarnya.
b.
Angin darat
Angin darat
adalah angin yang mengalir dari darat menuju ke laut. Udara di
darat pada malam hari lebih dingin dari pada siang hari. Pada malam hari
tekanan udara di laut lebih
rendah daripada di darat. Daratan
lebih cepat melepaskan panas
sehingga udara di laut naik. Angin darat terjadi pada malam hari.
c.
Angin musim
Perbedaan tekanan di dua daerah sangat besar. Akibatnya, angin bertiup sangat kencang. Contohnya
badai, angin ribut, dan angin
topan. Arah angin musim sering
berubah-ubah sesuai musimnya.
4. Panas
Bumi
Pancaran air panas
ini disebut
geyser. Geyser terjadi
karena lapisan batuan di pusat
Bumi sangat panas. Akibatnya, air mengalir dari dalam tanah
kepermukaan dalam bentuk uap. Sumber panas
Bumi juga dapat digunakan untuk nergi listrik.
Uap air penghasil listrik disebut Pembangkit
Listrik Tenaga Uap (PLTU).
Sumber energy bahan bakar fosil tidak dapat diperbarui.
Selain itu, bahan bakar fosil dapat menimbulkan polusi. Sumber energi
alternatif mempunyai beberapa kegunaan
berikut.
a. Matahari, air
terjun, angin, dan panas bumi
tidak akan habis. Karena itu, dapat digunakan terus-menerus.
b. Sumber energy
alternative menghasilkan energy yang sangat
besar.
c. Sumber energy
alternative tidak menimbulkan polusi.
D. Membuat
Karya dengan Menerapkan Konsep Perubahan Energi
Gerak
1. Membuat
Roket-roketan
Alat dan bahan yang kamu butuhkan:
1.
|
1. Kertas karton
|
3.
|
Karet
|
2.
|
2. Balon
|
4.
|
Lem kertas
|
Caramembuat:
1. Tabung tanpa alas
dan tutup
dari kertas karton
dibuat. Ukuran panjang 29 cm dan lebar 20 cm.
2. Kerucut dibuat
dari kertas karton. Dia meter alas lebih luas dari
pada diameter alas tabung. Gambar
8.15 diamati.
3. Kerucut ditempelkan
disalah
satu ujung tabung.
4. Supaya
dapat berdiri, bangun datar seperti gambar di atas dibuat empat buah.
Bangun diatas ini akan
digunakan sebagai kaki roket.
5. Balon
dimasukkan ke dalam tabung. Balon tersebut ditiup hingga mengembang sesuai
bentuk tabung. Mulut tabung diikat dengan karet.
6. Roket buatanmu
diluncurkan dengan melepaskan karet padam ulut tabung.
7. Roket
yang dibuat dapat meluncur saat karet dilepaskan. Hal ini karena udara dalam balon
menekan keluar. Akibatnya, model roket tersebut terdorong keatas.
2. Membuat Pesawat Terbang
dari Kertas
Alatdanbahanyangkamubutuhkan:
1.
|
1. Kertas
|
4.
|
Penggaris
|
2.
|
2. Gunting
|
5.
|
Lem kertas
|
3.
|
3. Pensil
|
Cara membuat:
1.
Kertas berukuran 15 u 20 cm disiapkan.
2. Kertas dilipat
seperti gambar dibawah ini.
3.
Kepala pesawat dibentuk seperti gambar dibawah ini.
4.
Sayap pesawat dilipat kembali seperti gambar dibawah ini.
5. Model pesawat
dilemparkan ke udara.Gerakannya diamati.
Pesawat kertas dapat melayang-layang karena gerakan udara di sekitarnya.
Keseimbangan pada sayap dapat memengaruhi gerakan terbang pesawat tersebut. Sayap
pesawat yang besar mengakibatkan waktu
terbangnya lebihlama. Hal ini
karena hambatan udara pada sayap
semakin besar. Untuk
mengurangi gesekan, bagian kepala
pesawat dibuat runcing.
3. Membuat
Model Parasut
Alat dan bahan yang kamu butuhkan:
1.
|
1. Selembar plastik
|
3.
|
Boneka kayu
|
2.
|
2. Tali rafia
|
4.
|
Gunting
|
Cara membuat:
1.
Lingkaran dari plastic dibuat dengan diameter 20cm.
2.
Lubang dibuat disekeliling lingkaran tersebut.
3.
Tali dimasukkan
ke dalam
lubang-lubang yang telah
dibuat, kemudian diikat.
4.
Ujung-ujung tali disatu
kan dan ikat pada
boneka kayu.
5.
Parasut yang kamu buat dilemparkan ke udara. Hal
yang terjadi diamati.
Pada saat dilepaskan
ke udara,
parasut akan mengembang. Selanjutnya,
parasut turun kembali dengan pelan-pelan. Hal ini karena adanya tekanan udara
yang menghambat parasut. Permukaan yang semakin luas membuat parasut lebih lama
melayang. Semakin lebar parasut, tekanan udaranya
semakin menghambat laju turunnya parasut.
E. Membuat Karya
dengan Menerapkan Konsep Bunyi
1. Membuat
Gitar Sederhana
Alat dan bahan yang kamu butuhkan:
1.
Kotak terbuat dari kayu (p:40, l:20, t:10)cm
2.
Senar/dawai (4buah)
3.
Paku dan palu
4.
Kayu penyangga
Cara membuat:
1.
Lubang dibuat diatas permukaan kayu dengan diameter
7 cm.
2.
Kayu ditempatkan sebagai
penyangga senar. Letakkanlah pada sisi
kanan dan kiri kotak kayu.
3.
Pada bagian tepi
kanan dan kiri, paku ditempatkan.
Masing-masing empat buah.
4.
Senar diikat pada
paku melewati kayu penyangga.
5.
Senar pada gitar yang kamu buat dipetik.
6.
Apakah terdengar bunyi dari gitar tersebut?
Bunyi pada
gitar berasal dari getaran senar. Getaran
senar merambat diudara, kemudian didengar oleh telinga. Hal ini yang disebut
sebagai bunyi.
2. Membuat Terompet Sederhana
Alat dan bahan yang kamu butuhkan:
1.
|
1. Kertas karton
|
3.
|
Gunting
|
2.
|
2. Bambu kecil
|
4.
|
Lem
|
Cara membuat:
1.
Karton
digunting seperti gambar dibawah ini.
2.
Guntingan karton digulung
menyerupai bentuk kerucut.
3.
Kertas karton lainnya
diambil. Selanjutnya, gunting berbentuk persegi panjang.
Potongan kertas tersebut
digulung. Tempelkan pada
bentuk kerucut yang kamu buat.
Susunlah hingga menyerupai bentuk terompet.
5.
Salah satu ujung bambu dipotong serong. Kertas
disisipkan pada bagian bawah bambu
yang sudah dipotong.
6.
Bambu tersebut dimasukkan
ke dalam
ujung terompet.
7.
Terompet yang kamu buat
siap ditiup.
• Apakah kamu
telah memahami sumber-sumber energy panas
yang ada
di lingkunganmu?
• Sulitkah membuat
model konsep perubahan energy gerak?
• Apakah kamu telah menggunakan energi alternatif dalam keseharian.
Rangkuman:
1.
Matahari adalah sumber
energi panas yang terbesar.
2.
Panas dapat berpindah dari tempat panas ke tempat
yang lebih dingin.
3.
Perpindahan panas melalui
benda padat tanpa aliran zat
disebut konduksi.
4.
Perpindahan panas yang
disertai aliran zat disebut konveksi.
5.
Perpindahan panas tanpa
melalui zat perantara disebut radiasi.
6.
Sumber bunyi adalah
semua benda yang dapat menimbulkan
bunyi.
7.
Bunyi yang frekuensinya
teratur menghasilkan nada.
8.
Bunyi merambat melalui benda
padat, cair, dan gas.
9.
Pemantulan terjadi jika perambatan
bunyi terhalang benda yang permukaannya keras.
10. Pemantulan bunyi dapat mengakibatkan gema dan gaung. Pemantulan
bunyi juga dapat memperkeras bunyi asli.
11. Penyerapan
terjadi jika perambatan bunyi terhalang benda yang permukaannya lunak.
12. Matahari, airterjun, angin,
dan panas bumi dapat menjadi
energi alternatif.
13. Keuntungan dari
penggunaan sumber alternative adalah sebagai
berikut.
a. Dapat digunakan
terus menerus karena tidak
akan habis.
b. Menghasilkan energi yang sangat besar.
c. Tidak menimbulkan pencemaran
lingkungan.
Post a Comment
0Comments